You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.
.. SELAMAT DATANG DI WEBSITE KELOMPOK KERJA PENYULUH AGAMA ISLAM KOTA YOGYAKARTA TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN APRESIASINYA.. SEMOGA BERMANFAAT DAN KESUKSESAN SELALU MENYERTAI ANDA..

Jumat, 09 November 2018

Baksos 2018 di Tepus Gunungkidul

Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam Kota Yogyakarta, menyelenggarakan Bakti Sosial penyembelihan hewan Qurban dan beberapa jenis kegiatan sosial lainnya di dusun Gembuk, desa Tepus Kecamatan  Tepus kabupaten Gunungkidul pada hari Jum’at 24 Agustus 2018.Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, Drs. H. Sigit Warsito, MA, Plt. Kepala Kemenag Kabupaten Gunungkidul, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Tepus, tokoh dan warga masyarakat dusun Gembuk dan sekitarnya.

Hari Raya ‘Idul Adha atau dikenal juga ‘Idul Qurban dan Hari Raya Haji, menjadi momen yang tepat bagi Kelompok Kerja Penyuluh Agama islam Kota Yogyakarta untuk menunaikan  ibadah yang sekaligus memiliki dimensi sosial sangat tinggi. Karena di samping kita disunnahkan shalat sunat ‘Idul Adha dua reka’at, juga disyari’atkan menyembelih hewan Qurban sebagai wujud rasa syukur dan ketaatan kita kepada Allah Subhanahu wata’ala. Diharapkan bahwa pada hari raya ‘Iedul Qurban tersebut, semua warga masyarakat dapat bersyukur dan berbagi bersama dalam kegembiraan, menikmati berkahnya daging dari hewan yang disembelih sebagai ibadah qurban. 
 Karena itu, penyembelihan hewan qurban dan bakti sosial bagi  masyarakat Gembuk merupakan kegiatan strategis dalam rangka untuk:
1. Menjalin ukhuwah dalam kebersamaan dan persaudaraan untuk sedikit meringankan beban, utamanya kebutuhan air bersih  untuk kebutuhan sehari-hari di dusun Gembuk desa Tepus Kec. Tepus kabupaten Gunungkidul.
2.  Berbagi rasa syukur bersama masyarakat untuk merayakan hari Raya ‘Idul Qurban dengan membagikan daging Qurban, sembako, air bersih dan pakaian pantas pakai.
3.  Menumbuhkan kesadaran untuk menunaikan ibadah qurban di kalangan warga masyarakat dusun Gembuk desa Tepus kecamatan Tepus Gunungkidul.
4.  Mengasah kesadaran dan kemampuan belajar bersama masyarakat untuk meningkatkan kompetensi Penyuluh Agama Islam.
Setiap tahunnya warga dusun Gembuk  belum pernah ada warganya yang beribadah Qurban berupa sapi. Kalaupun ada yang berqurban, biasanya berupa kambing dengan jumlah yang terbatas, dua sampai  empat ekor kambing yang dibagikan merata untuk seluruh warga (545 KK). Demikian juga, dalam setiap tahunnya warga Gembuk khususnya dan masyarakat Tepus padaumumnya, setiap memasuki musim kemarau mengalami krisis air bersih.  Untuk mencukupi kebutuhan air bersih sehari-harinya, ada sebagian warga yang dapat membeli dengan tangki dan sebagian besar lainnya memanfaatkan bantuan dari pihak lain melalui bak air untuk umum.Gembuk terdiri dari lima pedukuhan yaitu Tegalweru, Trosari 1 dan 2 , Gembuk dan Tempel. Penduduknya terdiri dari 545 KK yang meliputi 2.386 jiwa.
Baksos ke-5 di Gunungkidul ini, dilakukan dengan menyembelih tiga empat ekor sapi, bantuan sembako 600 paket, bantuan air bersih 160 tangki, dan pakaian pantas pakai.

0 komentar:

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP