You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.
.. SELAMAT DATANG DI WEBSITE KELOMPOK KERJA PENYULUH AGAMA ISLAM KOTA YOGYAKARTA TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN APRESIASINYA.. SEMOGA BERMANFAAT DAN KESUKSESAN SELALU MENYERTAI ANDA..

Rabu, 21 Maret 2018

Raker Kemenag Kota Yogyakarta 2018

Bekerja memberikan pelayanan kepada publik jangan  hanya berbasis hirarkhi, karena hurarkhi itu dapat membelenggu kreatifitas dan inovasi. Akan tetapi, bekerja harus berbasis relasi. Mengapa demikian? Karena jabatan yang kita emban, seperti halnya saya menjadi Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama sekarang ini,  tidak ada yang perlu dibanggakan, tidak ada hebatnya seorang Kakanwil itu.   Bahwa hirarkhi itu tidak ada apa-apanya, ketiga tidak dapat dimaknai sebagai amanat yang harus dipertanggungjawabkan dalam memberikan pelayanan kepada publik. Karena itu, kita harus dapat melakukan desakralisasi terhadap hirarkhi. Karena dengan begitu, maka gagasan, kritik dan masukan akan dapat diterima  menjadi nyaman dan dapat menjadi bagian dari upaya melakukan perbaikan dalam pelayanan”. Demikian pernyataan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Drs. H. Lutfi Hamid, M.Ag dalam sambutan pengarahan pada pembukaan Rapat Kerja Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta yang digelar Rabu-Kamis, 21 – 22 Maret 2018.
Lebih lanjut Kakanwil Kemenag DIY menegaskan bahwa hirarkhi itu memang penting, tetapi yang penting tidak semata-mata hirarkhinya, tetapi pada persoalan kemanusiaan.  Di sinilah relasi menjadi penting, kita bangun kebersamaan dengan mind set keterbukaan.  Kita bisa bangun relasi dan kebersamaan dalam melaksanakan program-program strategis. Kita bisa bekerja dengan siapapun. Karena pada  dasarnya, kita tidak bisa berbuat banyak ketika hanya terbelenggu oleh tugas pokok dan fungsi.
Raker yang mengambil tema “Memperteguh terwujudnya E-Goverment melalui inovasi dan digitalisasi pelayanan”, ini dikemas dengan konsep tematik seperti halnya Raker yang dilaksanakan oleh Kantor Wilayah Kemenag DIY.
Model raker tematik berbeda dengan raker tahun-tahun sebelumnya yang cenderung membahas masalah-masalah teknis berhubungan dengan tugas pokok dan fungsi. Raker model tematik ini dimaknai sebagai wahana membangun komitmen bersama untuk melakukan pekerjaan  sesuatu yang lebih baik. Raker tematik dikemas dalam  suasana kekeluargaan tanpa meninggalkan kaidah-kaidah normatif sebagai bagian dari apartur pemerintahan.
Karena itu, Kakanwil Kemenag DIY menambahkan bahwa  raker itu jangan  sekedar membicarakan masalah-masalah teknis, yang sudah semestinya dilakukan seperti warna seragam, jam kerja, warna cat kantor dan lain-lain. Masalah-masalah tu sudah selesai karena sudah ada aturannya.  Sehingga, raker memang harus dapat  mengelaborasi berbagai persoalan-persoalan  strategis, termasuk di dalamnya  mengembangkan kerja dengan pikiran terbuka, membangun relasi dan empati”.
Karena itu, Kakanwil  mengajak, “Mari kita bersama bekerja, mencoba untuk menumbuhkan pikiran terbuka. Karena pikiran terbuka ini akan meciptakan inovasi. Juga akan menumbuhkan sikap toleran, membangun mind set selalu membuka ruang dialog dan literasi”.
Lebih dalam lagi, Kakanwil menegaskan bahwa salah satu langkah reformasi birokrasi adalah komitmen pimpinan. Pimpinan harus terpacu untuk melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan pelayanan publik. Kita tidak perlu kemudian merasa hebat dan lebih dari yang lain.
Tidak ada yang terlambat bagi kita. Kita dituntut melakukan percepatan untuk melakukan inovasi dalam berbagai aspeknya.  Untuk itu, kita harus dapat melakukan on going procces.
Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Drs. H. Sigit Warsita, MA mengharapkan semua peserta raker dapat aktif memberikan sumbangan untuk meningkatkan pelayanan dan mengembangkan program-program  unggulan  layanan terhadap masyarakat.  Sekarang ini, semua jajaran di Kementerian Agama dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat  dan harapan atasan atau institusi kita. Karena itu, Kepala Kemenag Kota mengajak semua pejabat struktural maupun fungsional, khususnya semua peserta raker untuk bersama-sama berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi masyarakat .

0 komentar:

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP