You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.
.. SELAMAT DATANG DI WEBSITE KELOMPOK KERJA PENYULUH AGAMA ISLAM KOTA YOGYAKARTA TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN APRESIASINYA.. SEMOGA BERMANFAAT DAN KESUKSESAN SELALU MENYERTAI ANDA..

Rabu, 19 Oktober 2016

Filantropi ala Penyuluh Agama Jogja

Kelompok Kerja (Pokja) Penyuluh Agama Islam Kota Yogyakarta memiliki program filantropi tahunan yaitu bakti sosial. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan moment hari raya ‘Idul Adha sebagai bagian dari implementasi kompetensi sosial yang dilaksanakan secara kelembagaan. Tujuan program bakti sosial, menurut ketua Pokja Penyuluh Agama Islam Kota Yogyakarta, M. Mahlani, antara lain: Pertama, menjalin ukhuwah dalam kebersamaan, persaudaraan dan kebahagiaan dengan warga masyarakat di pedesaan. Kedua, berbagi rasa syukur bersama masyarakat untuk merayakan hari Raya ‘Idul Qurban dalam suasana berbahagia yang penuh berkah.  Ketiga, menumbuhkan kesadaran untuk menunaikan ibadah qurban di kalangan warga masyarakat.  Keempat,  mengasah kesadaran dan kemampuan belajar bersama masyarakat untuk meningkatkan kompetensi Penyuluh Agama.  

Dengan demikian, kegiatan filantropis Penyuluh Agama Islam yang sudah dilakukan tiga tahun terakhir ini, di samping memiliki nilai ibadah, juga memiliki nilai sosial dan refreshing. Penyuluh Agama Kota Yogyakarta yang dalam kegiatan sehari-harinya di kawasan perkotaan,  yang kental dengan pola hubungan berdasarkan patembayan (gesselschaft) yaitu masyarakat yang kehidupan anggotanya lebih mengutamakan kepentingan pribadi, kelompok, atau golongan, serta memperhitungkan untung rugi, dipandang penting dan perlu untuk belajar dengan masyarakat perdesaan yang tata hubungan sosialnya lebih berdasarkan paguyuban (gemeinschaft), yaitu pola hubungan anggota-anggotanya bersifat pribadi, sehingga menimbulkan ikatan yang sangat mendalam dan batiniah.
Karena itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Drs. H. Sigit Warsita, MA, sangat mendukung kegiatan tahunan Penyuluh ini sebagai wujud dari kesadaran dan kemampuan mengimplementasikan tugas pokok dan fungsinya sebagai pejabat fungsional yang berbasiskan kemandirian, keahlian dan profesionalitas.

Bakti Sosial Tahun 2014
Bakti sosial pertama dilaksanakan pada tanggal 6 September 2014 bertempat di desa Wonolelo kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Kegiatan sosial pertama di lereng gunung Merapi ini dilaksanakan kerja sama dengan Majelis Taklim Miftahul Jannah Mantrijeron Kota Yogyakarta dengan menyembelih dua ekor sapi.

Bakti Sosial Tahun 2015
Baksos  kedua  dilaksanakan Jum’at, 25 September 2015  yang dipusatkan di dusun Karang desa Nglegi kecamatan Patuk Gunungkidul. Berbeda dengan baksos pertama, pada baksos kedua ini bentuk kegiatannya tidak hanya penyembelihan hewan qurban, tetapi juga dilakukan pemberian bantuan air bersih, pemberian sembako, paket buku iqra’ dan pakaian pantas pakai.
Bantuan air bersih dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama dilaksanakan bersama dengan penyembelihan hewan qurban dan didistribusian di desa Patuk dan Ngoro-oro kecamatan Patuk Gunungkidul sebanyak 100 tangki. Sedangkan bantuan air bersih kedua (75 tangki) dilaksanakan 15 Oktober 2015 didistribusikan di Kecamatan Panggang dan Purwosari.  

Bakti Sosial Tahun 2016
Bakti sosial di tahun 2016, masih mengambil lokasi di wilayah Gunungkidul yang meliputi di tiga titik, yaitu dusun Gunungasem desa Ngoro-oro dan Terbah yang masuk wilayah kecamatan Patuk serta dusun Jangkungrejo Serut kecamatan Gedangsari. Karena itu, panitia atau peserta dari Penyuluh dibagi menjadi tiga rombongan/tim. Tim pertama menuju di Gunungasem, tim kedua di Terbah dan tim ketiga di Serut.   Kegiatan baksos dipusatkan di Gunungasem yang dihadiri oleh Kepala Kankemenag Kota Yogyakarta, Lurah desa Ngoro-oro,  Penyuluh Agama Kecmatan Patuk dan Gedangsari serta Pejabat dari Kanwil Kemenag DIY dan pejabat terkait lainnya.
Bentuk kegiatan baksos ketiga ini  antara lain: Pertama, penyembelihan  hewan qurban sebanyak 3 ekor sapi dan 9 ekor kambing. Kedua, bantuan  sembako sebanyak 205 paket. Ketiga, bantuan pakaian pantas pakai sebanyak 10 karung. Ketiga,  bantuan karpet masjid sebanyak 10 gulung. Rencananya juga akan dilaksanakan penanaman bibit buah, tetapi karena ada kendala teknis, kegiatan ini belum bisa dilaksanakan.
Selama melaksanakan tiga kali kegiatan filantropis, apa yang dilakukan Penyuluh Agama Islam Yogyakarta ini  mendapat sambutan luar biasa dari segenap pimpinan/pejabat dan sejumlah satuan kerja di lingkungan Kemenag Kota Yogyakarta. Bahkan pimpinan di tingkat Kanwil Kemenag DIY juga memberikan apresiasi yang tinggi. Kepala Kantor Kemenag dan sejumlah pejabat lain secara pribadi juga ikut partisipasi memberikan sumbangan sejumlah paket air bersih, paket sembako dan lain-lain. Demikian juga,  sejumlah lembaga/perusahaan di luar Kemenag, seperti Baznas Kota, Harian Kedaulatan Rakyat, keluarga alumni ‘85 SMP Muhammadiyah dua Yogyakarta, Sahabat Sedekah, Takmir Masjid Qomarudin Mantrijeron, dan sebagainya juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan filantropi berupa bakti sosial.

1 komentar:

IBU TUTI TKI SINGAPUR 12 November 2016 05.03  

SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259 ATAU KLIK SITUS KAMI PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP